Elementor #400

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BONE

Dalam rangka mendukung terwujudnya pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan tidak hanya cukup dengan melalui bentuk tatap muka di dalam kelas saja, sebab proses belajar mengajar dalam kelas hanya dominan bersifat pengembangan aspek kognitif siswa saja. Akan tetapi hal tersebut harus didukung melalui bentuk pengajaran di luar jadwal jam pelajaran di kelas, seperti kegiatan ekstrakurikuler.

Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di luar jam pelajaran dimaksudkan untuk mengembangkan salah satu bidang pelajaran yang diminati oleh sekelompok siswa, misalnya olahraga, kesenian dan berbagai macam keterampilan yang diselenggarakan di sekolah di luar jam pelajaran.

Begitu urgennya kegiatan tersebut, sehingga mempunyai relevansi yang tinggi terhadap program pendidikan formal lainnya. Bahwa sesungguhnya kegiatan ekstrakurikuler tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan kegiatan intrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler sebagai media pembinaan dan pengembangan kemampuan, minat dan bakat para siswa mengandung seperangkat nilai-nilai yang cukup urgen bagi proses pendewasaan dan kemajuan peserta didik di masa yang akan datang.

Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler merupakan proses pengaktualisasian potensi kreatifitas peserta didik, sebab selama ini bentuk proses belajar mengajar melalui bentuk tatap muka dalam kelas tidak cukup memberi ruang dan waktu bagi peserta didik untuk dapat mengembangkan keinginan-keinginan yang lain. Sedangkan dalam konteks pendidikan formal, tatap muka dalam kelas sangat sedikit memberi ruang pada pengembangan aspek afektif dan psikomotorik siswa. Kemampuan mental yang dilatih umumnya berpusat pada pemahaman bahan pengetahuan, ingatan dan penalaran logis, sehingga sering terjadi keberhasilan pendidikan hanya dinilai dari sejauh mana seorang siswa mampu mereproduksi bahan pengajaran yang diberikan. Hal ini menyebabkan potensi kreatifitas dapat terhambat.

Dengan berbagai bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di MTsN 1 Bone seperti dalam Kegiatan Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Patroli Keamanan Sekolah (PKS),  Drum Band,  ROHIS, Sanggar Seni Budaya (SSB), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), PIK-R,  Persatuan Olahraga (PERSOL), dan  MATASA Sains (Matematika,Ipa, IPS All Sains),  akan membentuk sikap anak menjadi orang yang mengetahui hak dan kewajibannya sebagai anggota masyarakat. 

MTSN 1 Bone © All Right Reserved